Apa Andilku Dalam Karya Keselamatan Tuhan

Nativity

Oleh Romo Paul Suparno SJ.

Kita baru saja merayakan Pesta Natal dan Tahun Baru 2014. Dalam pesta natal kita merayakan bagaimana Tuhan menjima menjadi manusia agar dapat solider dengan manusia dan membantu manusia untuk kembali kepada Allah.

Menarik disimak bahwa untuk proses penjilmaan Tuhan itu, Allah membutuhkan bantuan atau andil manusia. Ada 3 pribadi yang kita rasakan sangat kentara andilnya dalam karya keselamatan Tuhan, yaitu ibu Maria, Yosef, dan para gembala. Mereka dengan caranya yang khas, masing-masing andil dalam karya keselamatan Allah, yaitu membantu agar anak Allah (Yesus) dengan mulus men- jadi manusia, Emanuel: Tuhan tinggal di antara kita.

Maria andil dengan rela menjadi ibu Tuhan. Meski ia bin- gung dan tidak mengerti dengan jelas persoalannya, ia rela. Waktu itu Maria masih sangat muda, sedang ditunangkan dengan Yosef dan pasti nantinya ingin nikah dengan Yosef, tetapi waktu diminta oleh Allah untuk menjadi ibu Tuhan, yang bukan anak Yosef, ia rela. Dalam situasi yang berat dan tidak jelas itu ia mendahulukan kehen- dak Allah dengan menjawab, “Aku ini hamba Tuhan, jadilah kehen- dakMu padaku.” Maria andil dengan mau menjadi ibu Tuhan. Ia  mentaati kehendak Allah.

Yosef juga andil lewat kesanggupannya menjadi ayah, menjadi kepala keluarga Maria dan Yesus sehingga mereka diterima di tengah masyarakat, dan dapat hidup layaknya anggota masyarakat. Yosef menjadikan Yesus dan Maria secara social dan legal diterima oleh tetangga, masyarakat, dan adat Yahudi.

Para gembala juga punya andil secara khusus. Mereka ini adalah kelompok orang sederhana yang menjadi tamu, yang mengunjungi bayi Ye- sus. Mereka menjadi teman keluarga Yesus. Mereka juga terbuka untuk men- jadi saksi bahwa bayi itu adalah sang Mesias sendiri. Mereka dapat percaya bahwa dalam bayi yang kecil itu, Allah hadir. Dalam hal yang biasa itu, kasih dan rahmat Allah dapat dirasakan.

Kita semua sebagai anggota CLC juga dipanggil Tuhan untuk ikut andil dalam karya keselamatan Allah di dunia ini. Kita, baik sebagai pribadi maupun kelompok diajak untuk terlibat dalam karya keselamatan Allah di dunia ini. Lewat kelebihan, kelemahan, talenta, bakat, situasi, dan keadaan kita masing-masing, kita diajak terlibat, tanpa kecuali.

Pertanyaannya: keterlibatan apa yang akan kita buat baik sebagai pribadi anggota CLC maupun kelompok dalam karya keselamatan Tuhan di Indonesia ini? Apa yang ingin kita lakukan di tahun 2014 ini untuk ikut mem- bangun hidup dan dunia yang lebih baik, yang lebih mengalami cinta dan ke- selamatan Tuhan? Marilah kita bermenung untuk menemukan tindakan yang akan kita lakukan di tahun 2014 ini demi membangun dunia yang lebih baik dari tahun 2013. Semoga Tuhan selalu memberkati partisipasi kita pada karya Dia!

Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *